10.25.2010

Burung & Alun-alun Kota Blitar

Sebenarnya udah sejak lama gw mikirin burung-burung, entah burung Kuntul (Ardeola, sp) atau burung Blekok (Egreta, sp) yang saban pagi dan sore hari selalu gw jumpai di sekitaran alun-alun kota Blitar. Karena akhir-akhir ini Gw ko merasa kehilangan mereka yah.  Biasanya mereka suka berterbangan diatas pohon beringin secara berkelompok sambil istirahat setelah seharian pergi mencari makan.

Dugaan awal gw, apakah burung-burung itu sedang bermigrasi ke wilayah Selatan? Mengingat antara bulan September - Nopember adalah periode perjalanan migrasi bagi burung-burung air. Secara umum siklus migrasi burung-burung air dapat dilihat lewat bagan berikut :

Namun setelah melihat perilaku dari burung ini, hipotesa awal gw kabur dan memunculkan pertanyaan baru. 

Burung kuntul termasuk dalam kategori burung air dengan pola migrasi lokal. Burung ini biasanya memiliki tempat tinggal yang jauh dari lokasi mencari makannya. Mereka secara berkelompok akan pergi mencari makan pada pagi hari dan akan kembali pulang ketempat tinggalnya pada sore hari. Lokasi yang sering dikunjungi oleh populasi burung ini biasanya adalah lahan pesawahan.

Burung-burung ini bukan dari jenis burung air dari asia utara yang akan bermigrasi kewilayah selatan (asia tenggara, australia dan pasifik barat) untuk mencari makan. Mereka adalah burung lokal yang akan meninggalkan tempat tinggalnya apabila habitatnya rusak atau terganggu atau keterbatasnya  makan yang tidak bisa mencukupi kebutuhan populasinya. Mereka akan pergi meninggalkan habitatnya dan mencari habitat baru.

Jika hal ini terjadi maka akan patut disayangkan karena alun-alun dan barung-burung itu adalah salah satu bagian yang tak terpisahkan dari ikon kota Blitar. Mudah-mudahan mereka benar-benar bermigrasi dan akan kembali sekitar bulan Maret tahun depan.

0 komentar:

Post a Comment