Nasib Sejarah Sumber

Menelusuri jejak tokoh sekaligus pendiri desa Sumber Kec. Jatitujuh ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Penelusuran yang dilakukan dari beberapa literatur melalui media internet hanya menghasilkan sebagian kecil saja. Artikel yang didapat lebih banyak menceritakan tentang sepak terjang Ki Bagus Rangin dan kisah pemberontakannya terhadap Belanda. Sementara Ki Buyut Arsitem dalam peran tersebut dikisahkan sebagai salah satu tokoh yang membantu Ki Bagus Rangin dalam melawan Bupati Sumedang yang akan menguasai wilayah Bantar Jati (masuk wilayah Kec. Kertajati).

Salah satu kendala sedikitnya kisah yang muncul tentang biografi dari Ki Buyut Arsitem atau dikenal juga dengan Pangeran Sukma Jayadiningrat mungkin dikarenakan pemahaman dari mitos tabu menceritakan asal-usul Buyut Arsitem. Nasib sejarah tentang Buyut Arsitem pun akhirnya  harus berhenti di lemari berdebu milik keturunan-keturunan Buyut Arsitem itu sendiri.

Saat ini cerita yang berkembang tentang kisah Babad Sumber hanya terbatas dari cerita rakyat yang telah beredar secara turun temurun. Untuk masyarakat Sumber secara umum hanya tau bagaimana kisah legenda terbentuknya Sumur Sindu, Sumur Balok serta situs desa Sumber lainnya yang selanjutnya menjadi cikal bakal diberikannya istilah Sumber untuk sebuah kampung dengan mayoritas areanya adalah perkebunan tebu.

Cerita rakyat tidak bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Agar diperoleh nilai sejarah yang ilmiah diperlukan data-data atau manuskrip yang mendukung cerita tersebut. Saya yakin itu semua ada, masih berserakan tanpa tau nilai yang terkandung didalamnya. Cerita itu adalah aset yang paling berharga dari desa Sumber. Jika tidak ada upaya pemeliharaan dan pengembangan saya khawatir aset itu akan musnah dan jika itu terjadi maka anak cucu sumber hanya akan tau tentang leluhurnya sebatas "pesarean buyut arsitem" saja.

Sumber mempunyai potensi budaya yang luar biasa dibanding daerah lain di Majalengka, lalu kenapa kita tidak memaksimalkan potensi itu. Muludan semakin pudar nilai-nilainya, Sumur Sindu hanya terbatas pengunjung mandi kemudian pulang dan habis itu selesai. Sejarah Sumber mempunyai nilai yang sangat luar biasa. Jika anda tau tentang kisah Pemberontakan Bagus Rangin maka nama Buyut Arsitem tidak akan lepas dari kisah itu. Anda mungkin tidak tau kalau perberontakan Bagus Rangin  pada tahun 1818 tidak kalah dasyat dengan perjuangan Pangeran Diponegoro 1825. Akibat perjuangan itu Buyut Arsitem beserta pengawalnya akhirnya menemukan desa Sumber.
Nasib Sejarah Sumber Nasib Sejarah Sumber Reviewed by Suheri on Thursday, November 18, 2010 Rating: 5

1 comment:

  1. Jika disebut buyut tentu ada anak keturunannya, siapakah mereka ?.

    ReplyDelete

Top Category 1

Powered by Blogger.