Rakit Sepeda Fixie

Sepeda Fixie merupakan sepeda yang telah menjadi tren gaya hidup anak-anak muda saat ini. Pertama kali dikenal dengan nama Fixed Wheel atau Fixed Gear Bicycle yang artinya "roda belakang yang dibikin mati". Jadi kalau mau ngerem, tinggal tahan putaran pedal ke arah belakang maka roda belakang akan tertahan. Cara kerja pengereman seperti ini sebenarnya pernah saya temui tahun 80an pada sepeda kumbang (Sepeda tempo dulu) dengan sebutan Sepeda Terpedo.

Ciri khas sepeda fixie adalah kuat diwarna dan memiliki model yang dibuat simple. Harganya berkisar antara US$ 400-800 (3,5 - 7 juta), tetapi jika ada hobby ngerakit atau mau coba-coba bikin sepeda fixie gaya sendiri, berikut tips-tips merakit sepeda fixie yang saya ambil dari Inilah.com :

Pertama, Cari sepeda berkecepatan 10 yang murah. Anda bisa mencarinya di situs atau bahkan toko barang bekas. Pastikan, Anda memiliki sepeda yang memiliki rangka sesuai dengan ukuran Anda.


Kedua, Bawa pulang dan bongkar tiap bagian sepeda. Ambil roda gigi dan rem belakangnya. Beberapa orang terkadang mengambil rem depannya namun lebih baik membiarkannya karena Anda membutuhkannya daripada Anda harus menghentikan sepeda menggunakan kaki Anda.


Ketiga, Ganti pedal dan porosnya. Bagian ini kemungkinan menjadi bagian termahal, sulit mencari poros berharga murah namun mungkin saja Anda sedang beruntung.


Keempat, Cat ulang. Lepas roda dan beri sentuhan cat sesuai keinginan Anda. Pasang selotip pada bagian yang tak ingin Anda cat. Kemudian setelah selesai Anda cat, beri pelapis bening agar tak mudah tergores.


Kelima, Setelah selesai, rakit sepeda hingga menjadi sepeda seutuhnya. Bawa keluar dan kendarai dengan gaya Anda. Selamat mencoba.
Rakit Sepeda Fixie Rakit Sepeda Fixie Reviewed by Suheri on Friday, March 09, 2012 Rating: 5

No comments:

Top Category 1

Powered by Blogger.