Nasi Lengko

Jika pernah ada menu paling sederhana di kuliner nusantara, nasi lengko adalah jawabannya. Makanan khas kota Cirebon yang sederhana namun pas di lidah. Hanya dengan taburan tempe, tahu, toge, timun, bawang goreng, kucay, lantas disiram bumbu kacang, nasi lengko sudah siiap disantap.

Namun, walau pun sederhana, nasi lengko memiliki rasa yang paling nikmat. Rahasianya ada di pencampuran lauk pauk sederhana yang pas, dan masing-masing memiliki rasa yang selaras.

Semua lauk diiris kecil-kecil kemudian ditaburkan diatas nasi lalu disiram dengan bumbu kacang. Jika anda ingin mencoba tambahan lauk, nasi lengko dapat dihidangkan dengan tambahan sate kambing. Rasa daging kambing yang lezat dapat menambah kenikmatan nasi lengko.

Nasi lengko banyak dijumpai dipinggir-pinggir jalan kota Cirebon, terutama pada pagi hari. Namun ada satu tempat yang terkenal di Cirebon dengan nasi lengkonya yaitu di Rumah Makan H. Barno di jalan Pagongan, Cirebon. Buka setiap hari mulai pukul 06:00 - 21:00 dengan harga satu porsi rata-rata Rp. 7000. Kalau anda sedang ada di Cirebon, silahkan untuk di coba.

Disadur dari Rel Magazine Edisi 3/2012 
Photo : arieparikesit
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Nasi Lengko Nasi Lengko Reviewed by Suheri on Saturday, July 21, 2012 Rating: 5

No comments:

Top Category 1

Powered by Blogger.