Mencari Peluang Usaha

Kondisi bisnis yang lagi lesu memaksa saya untuk mencari alternatif usaha lainnya. Idenya sudah ada tapi ngga pernah konsisten. Kalau lagi hot, idenya keluar menggebu-gebu tapi ngga pernah bertahan lama apalagi langsung terealisasikan. Jalannya cuma jalan ditempat mana bisa direalisasikan. Saya tidak bilang kendalanya modal. Kalau dari hasil pengamatan sendiri, faktor dari segala faktor tersebut muaranya ke faktor kebingungan. Bingung harus mulai dari mana, bingung harus ngapain dulu. Halah...

Dari ide-ide yang pernah melintas dikepala, saya coba rangkum beberapa ide yang "rada serius" sempat dipikirkan matang-matang.

1. Usaha sablon baju
Idenya berawal dari pekerjaan di kantor yang terfokus pada di bidang kelistrikan. Dari bidang tersebut dikhususkan lagi ke bagian Pelayanan Teknik (Gangguan). Website sudah dibuat dan mulai berpikir tentang pembuatan merchandise. Merchant.nya apa? Ah, saya pikir untuk proses awal pembuatan t-shirt yang berbau-bau kelistrikan boleh dicoba. Lagian tshirt komunitas listrik kayaknya masih jarang. Kalau pasarnya sudah jelas : Masyarakat Kelistrikan Indonesia. 

sablon.info
Beragam desain dan sampel gambar seputaran listrik mulai dikumpulkan. Beberapa sudah ada yang coba saya cetak satuan. Tapi setelah melihat hasilnya saya kurang puas dan ongkos buatnya lumayan mahal. Saya mulai berpikir untuk produksi sendiri, tapi kendalanya saya tidak bisa nyablon. Kalau tshirtnya dibuat satuan saya harus invest untuk beli alat-alatnya. Ngga masalah sih, tapi yang membuat ragu, saya belum sekali pun buat atau pernah latihan. Kalo gagal gimana? Kalo hasilnya jauh dari yang diharapkan gimana? Sudah invest, alat nganggur ngga ke pake?

Buyar sudah idenya. Mikirnya gagal dulu sih, hehehe...

2. Usaha cetak patung
Bermula dari latar belakang hidup di Kota Blitar serta minimnya pernak-pernik tentang Bung Karno (BK) sebagai ikon kota, timbulah ide untuk membuat handy craft berupa patung miniatur. Hasil penelusuran sementara ini pernak-pernik tentang BK paling banyak berupa kaos serta gambar poster. Ada patung BK tapi masih sangat minim dan bentuknya cuma satu bentuk saja. Patung BK sedang duduk dikursi, miniatur patung BK depan Perpustakaan Bung Karno.

skyscrapercity.com
Potensi pasar lumayan besar, hal ini ditunjang dengan selalu ramainya wisatawan yang berkunjung ke Makam BK ditambah sosok BK sebagai ikon nasional menambah besar potensi pengembangan bisnis ini.

3. Usaha jagal ayam kampung
4. Usaha hidroponik
5. Usaha ternak ayam hias
6. Usaha sewing DIY

Mencari Peluang Usaha Mencari Peluang Usaha Reviewed by Suheri on Saturday, August 01, 2015 Rating: 5

No comments:

Top Category 1

Powered by Blogger.