Kemiling di Prediksi Amblas

Menurut BMG gempa yang terjadi di kawasan Kemiling, Bandar Lampung merupakan gempa Swarm yang terjadi akibat aktifnya sesar panjang dan semangko yang terus mencari posisi seimbang. Gempa Swarm biasanya terjadi pada daerah yang sudah fracture (patah). Daerah patahan ini bisa terjadi akibat terjadinya gempa yang besar dimasa lalu.

Analogi gempabumi swarm Gempabumi Swarm dapat dianalogikan seperti bambu yang dipatahkan. Untuk pertama kali bambu dipatahkan memerlukan tenaga yang sangat besar. Untuk selanjutnya bambu itu akan patah lagi bila diberikan sedikit tekanan, karena bagian yang patah itu tidak lagi mampu menyimpan energi yang besar.

Ciri-Ciri Gempa bumi Swarm :

1. Gempabumi ini tidaklah merupakan gempabumi yang kuat, karena lapisan kulit buminya sudah pernah patah, sehingga tidak dapat menyimpan energi yang besar.
2. Gempabumi ini tidak mempunyai gempabumi utama.
3. Terjadi secara terus menerus dalam waktu yang lama dan dalam frekwensi yang tinggi
4. Karena lamanya, biasanya gempabumi ini di iringi oleh Isu-isu-isu yang menyebabkan masyarakat panik.

Secara tehnis gempabumi ini tidak berbahaya, karena tidak besar. Hanya karena lama dan frekwensinya yang tinggi, dapat menimbulkan isu-isu negatif, bila masyarakat tidak diberi penjelasan ttg fenomena alam yang sedang terjadi secara benar dan rasional, maka isu-isu akan merebak dan menimbulkan kepanikan masa. Itulah bahayanya.
Isu-isu yang merebak di masyarakat adalah bahwa dibawah daerah kemiling dan sekitarnya ada rongga yang sangat besar yang dikhawatirkan rongga itu akan runtuh. Benarkah Di bawah daerah Kemiling ada rongga yang sangat besar ? Kami tidak dapat membuktikannya, tetapi rasanya, hal itu kurang rasional.
[sumber: bmglampung.org]
Kemiling di Prediksi Amblas Kemiling di Prediksi Amblas Reviewed by Suheri on Tuesday, July 04, 2006 Rating: 5

No comments:

Top Category 1

Powered by Blogger.