Satwa Pun Berpuasa

Subahanallah ternyata tidak hanya manusia beragama saja yang melakukan puasa, beberapa satwa juga memiliki waktu tertentu untuk melaksanakan puasa.Satwa apa saja kah yang melakukan puasa tersebut? Berikut salah satunya :


1. Ulat
Ulat merupakan salah satu binatang yang mengalami proses metamorfosis sempurnya dalam siklus hidupnya. Pada fase kepompong ulat berpuasa lebih kurang 14 hingga 16 hari. Hal ini dilakukan demi perubahan menjadi bentuk yang lebih indah yakni menjadi kupu-kupu.


2. Ayam Betina
Aktifitas puasa ayam betina dilakukan saat mengerami telur-telurnya selama kurang lebih tiga minggu. Hal ini dilakukan untuk menghangatkan suhu badan, sehingga telur yang dieraminya dapat menetas dengan sempurna. Saat mengeram, ayam memang tidak mau melakukan aktifitas lainnya.


3. Beruang
Beruang berpuasa dengan cara hibernasi atau tidur panjang selama musim dingin dan akan terbangun jika dia merasa lapar. Meski tidak hibernasi sekalipun, beruang mampu bertahan tidak makan dan minum selama 10 minggu atau kurang lebih 3 bulan.


4. Unta
Unta terkenal memiliki daya tahan tubuh yang sangat luar biasa. Unta terbiasa puasa tidak makan dan minum dalam kondisi cuaca yang ekstrim sekalipun. Unta mampu bertahan hidup berhari-hari dengan memanfaatkan sumber energi yang diperoleh dari cadangan lemak dipunuknya.


5. Ular
Ular terhitung mulai berpuasa ketika dia memakan mangsanya. Setelah mendapatkan mangsanya, biasanya ular tidak melakukan aktivitas apa-apa. Ular akan mencari tempat bersembunyi, lalu berdiam diri saja. Pada saat berpuasa, biasanya ular menjadi lebih sabar, berkurang ganasnya, dan tidak mudah marah oleh godaan atau gangguan kecil. Saat mengakhiri puasanya, ular akan berganti kulit dan kemudian menjadi ular sebagaimana lazimnya.

Satwa Pun Berpuasa Satwa Pun Berpuasa Reviewed by Suheri on Tuesday, June 21, 2016 Rating: 5

1 comment:

Top Category 1

Powered by Blogger.