Sasaran Mutu - SMART

Sebuah perusahaan yang telah menerapkan ISO 9001 pasti akan familiar dengan istilah "Sasaran Mutu". Lalu apakah Sasaran Mutu tersebut? Dalam istilah lain sasaran mutu dapat diartikan menjadi target pencapaian untuk memenuhi standar mutu. Penyusunan sasaran mutu harus memenuhi kriteria SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-Bound)
  • Specific : sasaran mutu haruslah target yang spesifik dan jelas. Misalnya “Waktu per transaksi untuk setor tunai”, lebih jelas dibandingkan dengan “Waktu transaksi”.
  • Measurable : sasaran mutu haruslah terukur. Misalnya “Waktu per transaksi untuk setor tunai maksimal 3 menit”.
  • Achievable : target sasaran mutu haruslah sesuatu yang mungkin dan bisa dicapai. Misalnya, jika standar kelas dunia saat ini dengan teknologi perbankan paling mutakhir memungkinkan transaksi setor tunai diselesaikan dalam 2 menit, tentu saja kita tidak menargetkan 30 detik. Kita harus bisa kondisi aktual di organisasi kita, termasuk memahami bahwa mesin produksi kita sudah berusia 10 tahun, atau kompetensi staf kita masih belum sesuai standar.
  • Relevant : sasaran mutu yang kita tetapkan harus relevan dengan fungsi dari departemen atau orang yang diberikan sebuah target. Jika kita bertanggung jawab di Gudang untuk pengiriman barang, tentu saja target “ketepatan waktu pengiriman” lebih relevan daripada “ketepatan waktu produksi”.
  • Time Bound : berikan batas waktu kapan sebuah sasaran mutu harus tercapai. Nah, perhatikan juga faktor ‘achievable’ di atas. Cobalah memahami berapa lama waktu yang diberikan untuk bisa dan mungkin mencapai target yang ditetapkan.
Sasaran Mutu - SMART Sasaran Mutu - SMART Reviewed by Suheri on Wednesday, February 23, 2011 Rating: 5

1 comment:

Top Category 1

Powered by Blogger.