Inovasi Esemka Listrik

Inovasi serta kreatifitas para siswa SMK akhir-akhir ini sedang hangat dibicarakan. Berkat adanya kreatifitas anak bangsa itu pula, mendorong sebuah semangat baru untuk menggulirkan progran mobil nasional. Semangat tersebut akhirnya merambah berbagai elemen.

Minggu kemarin saya menantang seorang guru SMK jurusan listrik untuk membuat sebuah inovasi seperti yang sudah dilakukan oleh anak SMK di Solo dengan mobil Kiat Esemka.nya. Dari apa yang saya diskusikan, beliau sepertinya pesimis dengan dengan bidang kelistrikan. Alasannya listrik tidak seperti otomotif. Banyak ide dari bidang otomotif dan outputnya kebanyakan adalah sebuah produk berbentuk barang.Temuan berbentuk barang lebih cepat diapresiasi oleh masyarakat.

Jika alasannya itu, kenapa kita tidak bisa membuat inovasi seperti halnya siswa otomotif tersebut?

Saya yakin produk untuk bidang kelistrikan ada bahkan banyak. Contohnya seperti di PLN yang setiap tahun melombakan karya inovasi dari para pegawainya. Produk yang dihasilkan dapat diperbanyak bahkan dipatenkan. Hal ini tidak menutup kemungkinan juga bisa dilakukan siswa-siswa SMK jurusan listrik. Jika kesempatan serta ide itu ada, kenapa tidak?

Powered by Telkomsel BlackBerry®
Inovasi Esemka Listrik Inovasi Esemka Listrik Reviewed by Suheri on Sunday, January 22, 2012 Rating: 5

1 comment:

Top Category 1

Powered by Blogger.