Hibernasi

Hibernasi atau disebut juga masa tidak aktif pada makhluk hidup biasanya dilakukan dengan memperpanjang masa tidur. Hal ini bisa terjadi karena adaptasi musim atau bagian dari fase kehidupan suatu makhluk hidup. Biasanya hibernasi terjadi pada golongan insekta (serangga), beberapa hewan dikutub atau di wilayah musim yang eksrim. Ada satu pertanyaan, apakah pada golongan primata seperti manusia masa hibernasi ini bisa terjadi? Contoh kasusnya misalnya seperti berikut :

Kasus I

Semua mungkin pada tau film Romeo and Juliet Khan? (kalo yang ga tau. berarti ga pernah remaja ato ga punya kisah cinta yang romantis), disitu diceritakan pada saat Juliet menunggu kedatangan Romeo dan untuk menghindari perjodohannya dia berpura-pura mati. Juliet meminum cairan yang diberikan pendeta agar bisa tertidur untuk satu masa tertentu.

Kasus II

Beberapa wanita yang sedang hamil mengalami masa-masa dengan frekwensi tidur yang lebih sering dari biasanya. Hal ini bisa disebabkan karena kondisi kandungan yang sangat beresiko tinggi melahirkan bayi prematur (kondisi bedrest) atau karena pengaruh hormon (atau ga tau apa) yang menyebabkan kondisi yang malas untuk beranjak dari tempat tidur dan pembawaanya selalu ingin tidur.

Apakah dari kedua kasus tersebut bisakah dikategorikan dengan hibernasi?

Hibernasi Hibernasi Reviewed by Suheri on Tuesday, March 13, 2007 Rating: 5

No comments:

Top Category 1

Powered by Blogger.