Menelusuri Sejarah Buyut Arsitem

Pustaka #1

Diceritakan pada masa itu wilayah Bantarjati yang dipimpin oleh Ki Bagus Rangin sedang dalam rongrongan Kerajaan Sumedang. Dalem Sumedang yang dipimpin oleh Pangeran Surya Dilaga alias Pangeran Cornel (Bupati Sumedang) menantang Ki Bagus Rangin sebagai pemegang wilayah Kepatihan Bantarjati dengan membawa pasukan dan mendirikan perkemahan di daerah Kosambian.

Dibantu oleh Senopati Sumber yakni Ki Buyut Arsitem (Pangeran Sukmajayadiningrat) dan Buyut Yasa serta beberapa senopati yang dari wilayah lain termasuk juga Rd Anggana Suta dari Tegal Jambu berusaha menandingi perlawanan dari Dalem Sumedang. Perang yang terjadi di daerah Monjot konon berlangsung kurang lebih 6 bulan. Perang yang berlangsung lumayan lukup lama tersebut akhirnya dimenangkan oleh Bantarjati. Pangeran Cornel menyerah dan melepaskan wilayah Bantarjati termasuk Wanayasa yang dikuasai Kerajaan Sumedang sebelumnya.

Ki Bagus Rangin dan beberapa senopati yang masih hidup mengungkapkan rasa terima kasih dengan  tetap menganggap keluarga kepada Rd Anggana Suta yang sejak saat itu akhirnya memegang wilayah Wanayasa.

Dikembangkan dari Sejarah Desa Jatiwangi
Menelusuri Sejarah Buyut Arsitem Menelusuri Sejarah Buyut Arsitem Reviewed by Suheri on Monday, October 04, 2010 Rating: 5

1 comment:

  1. Salam sejahtera

    Maaf niih boleh saya Sharing dikit, Cerita Buyut Arsitem adalah Istri dari Buyut Sukma Jaya Diningrat..

    ReplyDelete

Top Category 1

Powered by Blogger.