Mereka tlah Kembali

Bulan Oktober kemarin saya sempat menulis tentang hipotesa menghilangnya burung-burung yang bermukim di alun-alun kota Blitar (Baca postingan Burung & Alun-alun Kota Blitar). Dari sekian ratus burung blekok (Egreta sp.) yang berhabitat di pohon beringin (Ficus benyamina L.) alun-alun Blitar, tidak satu pun saya melihat keberadaan mereka. Burung Blekok yang saban pagi dan sore hari selalu terbang berseliweran disekitaran alun-alun saat itu memang tidak nampak.

Dugaan saya saat itu mengarah pada pola migrasi dari jenis burung air tetapi setelah melihat pola migrasi dari jenis burung itu saya pun jadi ragu. Hipotesanya ada dua, benar-benar migrasi apa mereka sudah mulai terganggu karena tingkat kebisingan serta polusi sekitaran alun-alun?

Teka-teki itu sedikit terjawab setelah kemarin Sabtu sore (4/12) dengan tidak sengaja saya melihat dalam kelompok besar sejumlah burung blekok itu akhirnya kembali. Mereka datang dari arah utara alun-alun bermanuver sebelum akhirnya hinggap dipohon beringin.

"Selamat datang Blekok-blekok penghuni Alon-alon"

Mereka tlah Kembali Mereka tlah Kembali Reviewed by Suheri on Monday, December 06, 2010 Rating: 5

No comments:

Top Category 1

Powered by Blogger.