Purnama Seruling Penataran Blitar


Malam berselimutkan awan. Di balik kabut terlihat samar-samar bangunan candi nan anggun yang bermandikan cahaya dari ratusan obor. Jalan setapak berbatu dan relief tembok mengantar para pengunjung menuju tiga bangunan candi yang seolah ingin menceritakan kejayaan masa lalu leluhur Nusantara. Pikiran setiap orang seolah melayang melintasi waktu berabad-abad silam. Seiring seruling bambu dibunyikan, maka bulan purnama perlahan-lahan muncul dari balik awan. Para seniman memainkan alat musik, bernyanyi, menari, dan berpuisi di bawah siraman sinar rembulan.

Purnama Seruling Penataran adalah sebuah persembahan kepada Tuhan pemilik alam semesta. Bukan manusia yang menentukan kapan pertunjukan ini harus diselenggarakan, akan tetapi alam semesta yang akan mengatur semua ini. Ya, Candi Penataran akan menjadi panggung persembahan setiap kali bulan purnama muncul. Berbagai macam seni budaya, Nusantara dan Dunia akan saling berbagi keindahan pada malam purnama tersebut. Mereka akan “ditatar” untuk berbagi keindahan dalam semangat persaudaraan dan perdamaian. Salah satu cara terbaik umat manusia dalam bersyukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa adalah dengan cara menjaga persaudaraan dan perdamaian bagi umat manusia di seluruh dunia.

Teks diambil dari http://www.purnamaserulingpenataran.com/
Photo : Ruda Rp (Kreatif Studio)
Jika anda penasaran dengan pertunjukan tersebut, PSP bisa anda saksikan pada jadwal-jadwal berikut :

Purnama Seruling Penataran Blitar Purnama Seruling Penataran Blitar Reviewed by Suheri on Monday, April 09, 2012 Rating: 5

No comments:

Top Category 1

Powered by Blogger.