Optimasi Search Engine via Youtube

Dapat materi kuliah dari Mas Fatchur Rozi seorang Digital Entrepreneur Indonesia dan pemilik perusahaan Pendekar Digital tentang Optimasi Pencarian lewat Youtube.

Di Indonesia ini sedang trend untuk mencari segala informasi bukan lagi bertanya pada tetangga namun sudah mulai banyak yg mencari info di HP. Secara berurutan, situs yg paling banyak jadi referensi informasi adalah search engine, video dan sosial media.

  • Search engine 98% dikuasai oleh google
  • Video dikuasai oleh youtube
  • Sosmed 70% dikuasai oleh FB
Materi kali ini yang akan kita bahas mengenai search engine bernama "google". Ada yg bilang bila bisnis kita tidak ditemukan di halaman 1-2 google, maka ........ yg lebih ekstrim bila kita tidak bisa ditemukan di halaman 1 google, maka.....

Meskipun saat ini kalau Anda perhatikan pada halaman 1 google sdh mulai di kuasai oleh marketplace seperti tokopedia, bukalapak, elevania, dkk. Kami prediksi dalam waktu 2-5 tahun ke depan. kita para pebisnis ukm hanya bisa menempati  halaman 2 & 3 google. Karena halaman 1 dipenuhi oleh para pemain raksasa ini. Dan kami dengan, dlm waktu dekat beberapa marketplace luar akan masuk meramaikan kancah persilatan di indonesia.

Kenapa kita bahas hall ini? Sekedar informasi bagi kita semua, bahwa kita harus siap menghadapi para raksasa ini. kalo kami di pendekar digital, tidak menyarankan kita untuk melawan Head to Head dg mereka.

Lalu bagaimana caranya?
Kita bisa tunggangi mereka atau berkolaborasi dg mereka. Caranya dengan hadir di tempat mereka berada. Untuk yg sudah mulai buka toko di marketplace itu termasuk yg menunggangi para raksasa demikian juga yang jualan di sosmed.

Salah satu sosmed yag paling mudah menembus halaman 1 google adalah youtube karena ini adalah anak dari google. Jadi tidak heran bila yutub sangat disayangi oleh google, mengalahkan para pesaingnya.

Basic dr cara berpikir berjualan online sedikit berbanding terbalik dg cara berjualan kita pada umumnya. Kalo biasanya kita menjual produk yg kita miliki, namun di online kita bisa sedikit memodifikasinya. Caranya adalah dengan menyesuaikan produk apa yg kita mau jual dg jumlah pencarian yg ada di google. Artinya kita hanya menjual produk yg laku di pasar online, terutama produk banyak dicari oleh calon pembeli kita di search engine. Jadi PRINSIP dasarnya adalah: "Memenuhi permintaan pasar" Bukan menjual produk yg kita yakini laku, namun tidak dicari oleh calon pembelia kita di online.

PEMILIHAN KEYWORD
Bila kita sudah punya produk sendiri, maka kita akan menyesuaikan kata kunci (KW) yang akan digunakan untuk berjualan online. Misalnya ada kita jualan "burung jalak" tapi online orang tidak cari burung jalak tapi" burung beo". Jadi alangkah lebih enak kalo kita menyediakan juga barang yg dibutuhkan oleh banyak orang juga disamping produk yang sudah kita punyai.

Misalnya produk kita es krim. Risetnya adalah mencari keyword yang berhubungan dengan kata es krim.

Bila kita ketik kata kunci "es" maka yg keluar di google suggest paling tinggi pencariannya adalah "es krim pot". Artinya, untuk keyword "es" yang paling banyak dicari adalah es krim pot, es krim, es buah dan seterusnya seperti pada gambar diatas. Namun bila yang di ketik kata kedua yakni "es krim" hasilnya :

Kata yang paling banyak dicari oleh para pencari di internet/google adalah es krim pot, es krim goreng, dan seterusnya seperti yang tertera pada gambar. Jadi kesimpulannya, es krim yg saat ini lagi banyak di cari adalah "es krim pot" dan diikuti oleh "es krim goreng" dst. Urutan kata kunci ini mewakili jumlah pencarian, semakin tinggi maka akan semakin banyak pencariannya.

Ada cara lain untuk mencari keyword yang paling banyak digunakan, yaitu dg menggunakan google suggest, tapi tidak akan dibahas disini karena akan terlalu panjang.

Langkah selanjutnya kita akan menggunakan data keyword ini untuk berjualan produk yg akan kita jual. Saya lanjutkan dengan menambahkan kata kunci nama "kota" dibelakang nama produk jualan kita.

Bila suggest terlalu sedikit, dihilangkan saja nama kota dibelakangnya. Artinya yang nyari sedikit. Jadi kita hanya fokus pd yg jumlah pencariannya banyak. Data keyword hasil riset ini nantinya akan digunakan untuk optimasi video youtube kita.


PEMBUATAN VIDEO
1. Siapkan foto/gambar yg lebar ke samping (Landscape)
2. Buka situs Youtube
3. Tekan tombol upload


4. Pilih di bagian kanan "Rangkai Slide Foto"




Setelah foto ditambahkan, maka tekan tombol berikutnya di sebelah kanan bawah


Setelah foto diunggah, maka akan mubcul halamn spt diatas

Lakukan 4 langkah berikut ini:
1. Pilih durasi per slide (pilihan durasi slide dari 1 detik - 10 detik)
2. Efek Geser pilih "tidak ada" jadi kita mau gambarnya tidak bergeser2 dan bergerak
3. Pilih Musik
4. Tekan tombol upload pada bagian "kanan bawah"


Setelah selesai, maka Anda akan masuk ke halaman ini. Kemudian isilah semua kolom tersebut. Gunakan kata kunci yg sudah kita riset tadi. Jangan lupa gunakan kata kunci harus ada di 3 lokasi:
1. judul
2. Deskripsi
3. TAG.
Setelah selesai tekan tombol publikasikan pd bagian kanan atas.

Dan video kita sudah tayang. Silahkan lihat di link yg diberikan oleh yuotube untuk melihat video anda. Biasanya butuh waktu 10 detik untuk berada di google. kalo mau cepat bisa di "submit url google" dan masukkan link video kita disana. Jadi kuncinya adalah : 1. Keyword di Judul, 2. Keyword di Deskripsi, 3. Keyword di TAG. Bila sudah sesuai, insyaallah mudah menembus Page 1 baik di youtube maupun google bergantung dari kompetisi keyword tsb.

TIPS
Akan jauh lebih baik kalo kita taruh link di deskripsi, karena bisa jadi backlink buat online shop kita. maksimal 30 link dlm 1 video ya, jadi jangan disia2kan. bila kita baru bikin video, sebaiknya link video kita dapat di submit di google. silahkan ketik "sumbit url google" tanpa tanda kutip dan akan muncul kotak dimana kita bisa sumbit url video kita.

kalo bisa, nomor HP dibuat yang gede pada gambar kita.


Contoh hasilnya :


Optimasi Search Engine via Youtube Optimasi Search Engine via Youtube Reviewed by Suheri on Tuesday, January 19, 2016 Rating: 5

1 comment:

  1. apakah video dengan durasi pendek tidak akan dihapus yutub ?

    ReplyDelete

Top Category 1

Powered by Blogger.